Selasa, 25 Oktober 2011

0

Artikel Tentang Modem

Definisi Modem

            Modem berasal dari singkatan modulator demodulator.  Modem pada umumnya digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Modulator menurut wikipedia Indonesia adalah bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan pengertian Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Jenis- Jenis Modem
  1. Modem 3GP.
  2. Modem GSM.
  3. Modem Analog.
  4. Modem ADSL.
  5. Modem Kabel.
  6. Modem CDMA.

Definisi Modem Analog
            Modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

Definisi ADSL
Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan.

Definisi Modem Kabel
            Modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel.


Secara Letak Fisik, modem dibagi dua yaitu:
  • Modem Internal, biasanya modem ini dipasangkan pada bagian dalam CPU, pada slot PCI (pada motherboard tertentu sudah dilengkapi modem dari pabriknya).
  • Modem External, biasanya modem ini dipasang pada bagian luar CPU, umumnya dipasangkan pada Serial port atau USB pada CPU.

Fungsi Modem

            Untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya. Pada dewasa ini,  modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini akan merubah fungsi modem bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, serta modem dapat menjadi saluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video.


Cara Kerja Modem
           
            Pertama, modem akan melakukan proses modulasi dan demodulasi terhadap data yang dipancarkan. Modem akan menerima rangkaian pulsa biner dari periferal komputer, kemudian memodulasikarakteristik sinyal analog (level tegangan, frekuensi atau fasa) agar dapat disalurkan melalui saluran telepon atau cablelines. Sedangkan pada si penerima, sinyal yang ditumpangi ini oleh rangkaian demodulator dipisahkan kembali dari sinyal yang menumpanginya sehingga dapat dibaca oleh komputer. Proses ini dinamakan demodulasi. Standarisasi dari modulasi berfungsi untuk mencapai kecepatan yang lebih baik lagi. Yang pada awalnya kecepatan dari modem ini adalah 300 bps dan dewasa ini telah mencapai 56 Kbps. Kecepatan modem itu sendiri sekarang ini sudah cukup cepat dibanding dahulu, tetapi untuk penggunaannya di Indonesia masih dibatasi dengan kurang bagusnya jaringan telepon yang tersedia. Saat ini kecepatan modem yang sering digunakan di Indonesia adalah sebesar 56Kbps, tetapi dengan kondisi jaringan telepon yang ada, kecepatan tersebut mungkin maksimal hanya sekitar 33.6 Kbps saja.

 
Modem Wireless

                Teknologi wireless untuk akses data merupakan bagian dari jaringan komputer yang biasanya tidak disebut modem, tetapi menggunakan istilah lain yang telah disepakati, seperti modem GSM, modem CDMA, modem HSDPA, dan modem HSUPA.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Blinking Cute Box Cat