Artikel Tentang Penerapan Komunikasi Data dalam Keseharian

Selasa, 11 Oktober 2011

Pendahuluan

            Pertama kali komputer ditemukan belum bisa untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Pada saat itu komputer masih sangat sederhana karena berkat kemajuan teknologi di bidang elektronika sekarang komputer mulai berkembang pesat dan semakin dirasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. 
            Istilah teknologi informasi mulai populer diakhir tahun 70-an karena pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer. Teknologi Informasi merupakan teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi dan elektronik digital.
            Perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia selalu berjalan dari masa ke masa dan sebagai Negara yang sedang berkembang yang selalu mengadopsi berbagai teknologi informasi hingga penggunaan internet mulai menjadi “makanan” sehari-hari yang dikenal sebagai teknologi berbasis internet (Internet Based Technology).
            Teknologi informasi dan komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia sangat besar pada saat ini yang telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sector kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, transportasi, kesehatan dan penelitian. Maka dari itu, sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia TIK mulai dari ketrampilan dan pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, perawatan, dan pengawasan serta peningkatan kemampuan TIK para pemimpin di lembaga pemerintahan, pendidikan, perusahaan. Sehingga akan dihasilkan output yang sangat bermanfaat bagi manusia sebagai individu itu sendiri maupun bagi semua sector kehidupan.


Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi

            Perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi teknologi komunikasi. Karena teknologi informasi dan komunikasi seakan-akan tidak dapat dipisahkan maka lahirlah istilah TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang sangat populer pada sekarang ini. Perpaduan keduanya semakin berkembang cepat dengan adanya internet karena telah mengubah cara berkomunikasi.
            Salah satunya adalah Email, merupakan kunci utama perubahan cara berkomunikasi. Dengan adanya alamat email maka dapat mengikuti berbagai model komunikasi yang ada di internet. Beberapa model komunikasi yaitu, forum, milis/group, situs jejaring social, blog, situs sharing file dan e-learning menggunakan teleconference. Penerapan dari teknologi informasi dan komunikasi antara lain dalam bidang kesehatan, perusahaan, dunia perbankan dan bisnis, dan dalam dunia pendidikan. 


Kelebihan dan Kekurangannya 

Komunikasi Data dalam kehidupan sehari-hari dapat dipergunakan untuk membantu pekerjaan manusia yang memiliki kelebihan sebagai berikut:
  1. Penerapan pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan, misalnya suatu perusahaan menggunakan penerapan Enterprice Resource Planning (ERP) merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan. Digunakan untuk membantu perusahaan dalam menjaga sistem manajemen di perusahaannya.
  2. Penerapan pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Kesehatan, misalnya sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien. Serta digunakan pula robot untuk membantu proses operasi pembedahan dan digunakan pula komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor di tubuh pasien.
  3. Penerapan pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Perbankan dan Bisnis, misalnya dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi digunakan untuk transaksi perbankan baik lewat internet (Internet Banking) maupun untuk melakukan kegiatan lainnya seperti transfer uang, pengecekan saldo, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening. Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik dengan menggunakan jaringan komunikasi internet (E-Commerce).
  4. Penerapan Pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan, misalnya teknologi pembelajaran akan terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Sering dijumpai kombinasi teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu, audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
Kekurangan Komunikasi Data dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu pekerjaan manusia sebagai berikut: 
  1. Terjadinya attenuasi atau melemahnya kekuatan sinyal mungkin karena gangguan cuaca maupun jarak yang jauh melalui medium transmisi.
  2. Terjadinya delay distorsi karena kecepatan sinyal yang melalui medium berbeda-beda sehingga tiba pada penerima dengan waktu yang berbeda pula. Hal ini merupakan hal yang kritis bagi data digital yang dibentuk dari sinyal-sinyal dengan frekuensi-frekuensi yang berbeda -beda sehingga menyebabkan terjadinya intersymbol interference.
  3. Terjadinya noise yang merupakan tambahan sinyal yang tidak diinginkan yang masuk diantara transmisi dan penerima.

Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Banyak sekali manfaat dari pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu, dalam peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. 
Salah satunya manfaat bagi kehidupan masyarakat karena merupakan dasar yang muncul dan dikenal sebagai Informatika Masyarakat. Masyarakat informatika melibatkan diri lebih dari sekedar pengadopsian teknologi informasi dan komunikasi di dalamnya tetapi masyarakat informatika tetap ikut dalam penerapan teknologi informasi dan komuniasi demi keuntungan masyarakat lokal.  
Komunikasi telah memainkan peranan penting dalam mengembangkan dan mempertahankan kesehjateraan masyarakat secara geografis sepanjang sejarah. Informatika Masyarakat adalah sebuah fenomena terkini pada masyarakat jaringan modern, dapat dilacak pada pemrakarsa komunikasi masyarakat akhir 1980 sampai awal 1990.
Sejak permulaan, tujuan utama teknologi masyarakat adalah untuk menggunakan prasarana, aplikasi, dan layanan informasi dan komunikasi untuk memberdayakan dan melestarikan modal sosial masyarakat lokal (jaringan, organisasi, kelompok, aktivitas, dan nilai yang mendasari kehidupan masyarakat).

0 komentar:

Posting Komentar